Jumat, 24 Februari 2017

Pentingnya Kalsium Bagi Tinggi Badan

Kalsium adalah nutrisi yang penting dalam pembentukan otak serta pembentukan tulang dan gigi kita. Menkonsumsi kalsium yang kurang akan menyebabkan terjadinya osteoporosis seperti yang sudah tenarnya dikalangan masyarakat. Untuk itu, mencukupi kebutuhan kalsium sejak dini sangatlah disarankan.

Sekitar 99% kalsium berada pada jaringan tulang dan gigi, sisanya berada didarah dan sel-sel tubuh. Kalsium tetap dibuthkan dari semenjak bayi hingga usia berapapun, meski sudah tidak dalam masa pertumbuhan. Namun kalsium dalam tulang akan berkurang secara signifikan yang bisa menyebabkan keropos atau ostoporosis.

Susu Peninggi Badan
Tulang masih membutuhkan asupan kalsium yang berbeda-beda agar tetap prima. Pada fase pertama, kira-kira kisaran usia 0 - 18 tahun, tulang akan mengalami fase pertumbuhan atau pemanjangan, jadi anak-anak akan terus bertumbuh dan bertambah tinggi pada fase ini yang disebut dengan masa pertumbuhan

Untuk itu, anak-anak sangat membutuhkan asupan kalsium yang cukup agar proses pemanjangan tulang tidak terhambat. Kebutuhan kalsium pada anak usia 1 sampai dengan usia 3 tahun sebnyak 700 mg/hari. sedangkan anak yang berusia 4 sampai 8 tahun kebutuhan kalsium akan bertambah yaitu 1.00 mg/hari.

Pada fase selanjutnya, saat usia 20-35 tahun, tulang akan mengalami fase pemadatan. Pada fase ini penting untuk menjaga level tersebut sampai dengan mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup dengan diimbangi dengan olahraga. Puncak masa tulang menentukan kekuatan tulang di lain hari. Orang dewasa normal, kebutuhan kalsium hariannya adalah sekitar 1.000 mg/hari

Saat menginjak usia yang lanjut atau sudah dikatakan sudah tidak muda lagi, tulang-tulang akan menipis karena usia 30 tahun tingkat pembentukan sel tulang baru lebih rendah dari tingkat kehilangan atau keruskan sel tulang.

Bila hal itu terjadi, tulang akan kehilangan mineral, massa, dan stuktur, sehingga membuatnya lemah dan mudah patah. "Pada tahap usia ini, tulang-tulang akan mengalami pelepasan kalsium," dan kekurangan asupan kalsium akan menimbulkan dampak yang buruk bagi tulang, dan akan menyebebkan pengeroposan pada tulang yang sering dikenal dengan sebutan osteoporosis.

Sayangnya di Indonesia masyarakatnya kurang antusia dengan asupan kalsium ke dalam tubuhnya, hanya sekitar 250 mg/hari. Angka penderita osteoporosis cukup tinggi dibanding negara lain karena kebutuhan kalsium di Idonesia hanya berasal dari susu, sedangkan di negara lain dapat diperoleh dari yoghurt dan yang lainya.

Wanita lebih beresiko mengalami osteoporosis dibandingkan laki-laki. Perbandingannya adalah setiap satu dari lima orang laki-laki beresiko osteoporosis, sedangkan untuk wanita, tiga berbanding lima. Banyak waktu yang menyebabkan wanita lebih beresiko, di antaranya yaitu kehamilan, menyusui dan menopause, dan sedang saat hamil janin yang terkandung dalam perut membutuhkan kalsium untuk pembentukan tulang yang diambil dari nutrisi dari ibunya.

Oleh sebab itu, kebutuhan kalsium bagi ibu hamil sangatlah penting dan harus ditingkatkan. Selain itu, pada proses menyusui, anak akan terus mengambil nutrisi dari sang ibu, salah satunya adalah kalsium. Tercukupi atau tidaknya kebutuhan kalsium untuk bayi bergantung bagaimana si ibu memenuhinya.

Meskipun begitu, kecukupan kalsium bagi sang ibu juga tidak boleh disepelekan karena selam proses menyusui. secara tidak langsung anak juga mengambil kalsium yang ada pada si ibu. Oleh karena itu, untuk ibu hamil dan lansia membutuhkan melebihi dari anak-anak dan orang dewasa biasanya, setidaknya untuk ibu hamil mengkonsumsi kalsium sekitar 1.000 - 2.000 mg/hari.

Resiko Tubuh Jika Kekurangan Kalsium

Jika kamu tidak mendapatkan cukup kalsium dari kegiatan kamu diet sehari-hari untuk para wanita, dan yang sering lupa makan yang sering di alami oleh para laki-laki, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang behubungan dengan melemahnya tulang, dan untuk anak-anak, jika kekurangan kalsium mungkin tidak akan mencapai tinggi badan yang maksimal ketika dewasa, dan bagi orang dewasa, kekurangan asupan kalsium beresiko memiliki massa tulang yang rendah, yang merupakan faktor resiko utama dari osteoporosis.

Rekomdasi Asupan Kalsium Harian

Tubuh manusia tidak dapat menghasilakan kalsium sendiri, sehingga kamu perlu untuk mendapat tambahan asupan kalsium yang cukup dari makanan yang kita konsumsi atau Paket Peninggi Badan untuk mendukung tinggi badan. kalsium sangat dibutuhkan bagi perkebangan bayi, ibu hamil, wanita yang sedang menyusui dan juga orang tua atau lansia. Setelah usia kisarana 30 tahun ke atas, tingkat kalsium dalam tulang akan mulai berkurang, dan untuk itu mengkonsumsi kalsium sangatlah penting bagi anak-anak dan remaja yang sedang mengalami masa pertubuhan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pentingnya Kalsium Bagi Tinggi Badan

Post views: counter

0 komentar:

Posting Komentar