Senin, 17 April 2017

Cara Tepat Menghitung Tinggi Badan, Apakah Sudah Ideal ?

Mari Hitung Tinggi Badanmu, Apakah sudah Ideal ? 

Memiliki tinggi dan berat badan ideal tentu menjadi harapan bagi hampir semua orang. Hal ini sangat wajar mengingat kebanyakan masyarakat masa kini memiliki pola hidup yang kurang sehat dengan akibat yang cenderung tidak meraka sukai tetapi masih melakukan hidup kurang sehat tersebut sehari-hari. Padahal akibat dari pola hidup yang kurang sehat dapat menimbulkan masalah yang cukup serius, diantaranya.
  • Berat Badan yang Melebihi dari Batas Ideal.
  • Berat Badan yang Kurang dari Batas Ideal.
  • Tinggi Badan yang Melebihi dari Batas Ideal.
  • Tinggi badan yang Kurang dari Ideal (PENDEK).
Susu peninggi badan

Baca Juga : Cara Meninggikan Badan Ala Orang Korea.
Bila bro/sist mempunyai masalah seperti diatas, jelas pergi kemanapun menjadi bimbang, mengingat penampilan yang kurang menarik atau menurunnya kepercayaan diri dari pada teman-teman kita yang memiliki tinggi dan berat yang ideal. Nah, berbicara soal tinggi badan dan berat badan yang ideal, pernahkah bro/sist mengukur berat badannya,? Apakah sudah ideal dengan tinggi badan yang sekarang,? 

Disini saya akan mencoba memberikan jawaban untuk pertanyaan di atas, yaitu cara untuk menghitung tinggi badan dan berat badan bro/sist apakah sudah ideal atau belum,?

A. Pengukuran Tinggi Badan.

Tulang rangka manusia merupakan bangunan tubuh yang memberi bentuk dan sebagai penyangga tubuh. Tulang tumbuh karena adanya lapisan pertumbuhan , dikarenakan adanya lapisan pertumbuhan tulang (Epifise dan Diafise) pada bentuk tulang panjang. Tingkat kematangan / Pertumbuhan tulang ditandai dengan bersatunya Epifise dan Diafise, dimana Epifise distalis bersatu pada usia 17 - 19 tahun, sedangkan Epifise lateralis bersatu pada usia 19-20 tahun.

Untuk Mengetahui Tinggi Badan, ada beberapa yang harus disediakan, yaitu.

Alat : Pengukur Tinggi Badan (Meteran Tinggi Badan).

Cara mengukur Tinggi Badan yang 90% Akurat :
  1. Lepas Sepatu atau Alas Kaki.
  2. Berdiri Tegak, Padangan lurus Kedepan, Telapak kaki Menampak pada Alas.
  3. Ukur Tinggi badan Mulai dati ujung kaki sampai Puncak Tengkorak dengan tongkat Pengukur.
  4. Catat Hasil yang ditunjukan Tongkat Pengukur dalam Satuan cm.
 B. Pengukurang Berat Badan.

Ada beberapa cara mengukur berat badan seseorang. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan menimbang berat badan dengan menggunakan alat timbangan berat badan yang dinyatakan dalam satuan Kilogram (KG).  Berat badan sebenarnya ditentukan oleh jumlah caira, kadar lemak, protein dan mineral yang ada pada tubuh manusia (-+ 60%). Berat badan tubuh juga dipengaruhi oleh usia dan kegiatan fisik serta temperatur tubuh.
Alat : Timbangan Berat Badan.

Langkah Pengukuran Berat Badan :
  1. Lepas alas kaki, jam tangan dan pakaian luar.
  2. Sesuaikan jarum penunjang timbangan hingga sejajar dengan angka nol (0) kg.
  3. Naik Keatas timbangan dan berdiri ditengah-tengah.
  4. Catat hasil angka yang ditunjukan jarum penunjuk dalam satuan Kg.

Jika pengukurang tinggi badan dan berat badan sudah dilakukan dengan baik, tinggal kita menghitung apakah sudah Ideal atau belum Ideal. 

Rumus Tubuh ideal
Tinggi Badan - 110 CM = Berat Badan (-1)(+1)

Contoh cara menghitung Tubuh Ideal :

Ada seorang anak yang bernama Budi ingin mengetahui apakah berat badanya sudah ideal apa belum,? dan setelah di ukur tinggi badan dan berat badannya Budi adalah sebagai berikut.

Tinggi Badan Budi : 165 cm.
Berat Badan Budi : 57 kg.

Dari data tinggi badan dan berat badan Budi diatas, mari kita hitung apakah sudah ideal,? kita masukan dalam "Rumus Tubuh ideal".

Rumus : 

= Tinggi Badan - 110 cm = Berat Badan (-1)(+1).
= 165 cm - 110 cm = 55 kg. (Berat Baan yang harus dimiliki BUDI).

Sedangkan Berat Badan Budi pada kenyataanya adalah = 57 kg.

Kesimpulan :

Bahwa tinggi badan dan berat badan Budi TIDAK IDEAL, karena tinggi badan Budi adalah 165 cm, tetapi Budi Memeiliki berat badan = 57 kg. Seharusnya jika tubuh Budi ingin IDEAL dengan tinggi badan Budi yang 165 cm, Budi harus memiliki Berat Badan 54 kg, 55 kg, 56 kg. 

Catatan : Dinyatakan Ideal, apabila Berat Badan minimal kurang 1 kg dari berat badan yang sudah dihitung atau maksimal lebih 1 kg dari berat badan yang sudah dihitung.

Dari conto tubuh Budi yang kurang ideal sedikit tersebut, ada beberapa solusi yang harus dilakukan untuk memperoleh tubuh dengan berat badan dan tinggi badan yang ideal. Jika bro/sist memiliki kasus yang sama yang dialami oleh Budi atau malah lebih parah dari Budi, entah kelebihan atau kekurangan berat badan atau tinggi badan. Ada 2 pilihan yang bisa bro/sist lakukan yaitu bro/sist bisa 1). Menambah tinggi badan, 2). Menurunkan Berat Badan. 

Dilihat dari Kasus Budi diatas jika bro/sist juga sama memiliki kasus yang sama seperti Budi, alangkah baik jika bro/sist memilih solusi yang no. 1, yaitu bro/sist bisa menmbah tinggi badannya, kenapa harus menambah tinggi badan,? Karena jika bro/sist memilih solusi menambah tinggi badan, bro/sist akan lebih percaya diri, mengingat tinggi badan yang hanya 165 bagi seorang cowok/cewek, kurang menarik dan masih kurang untuk menambah tingkat kepercayaan diri. Pada umunya khususnya di Indonesia tinggi badan rata-ratanya dalah sekitar 168-175 cm.

Atau kalain bisa menghitung secara online dengan ini :

Selamat Mencoba, salam Tinggi Badan Ideal.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Tepat Menghitung Tinggi Badan, Apakah Sudah Ideal ?

Post views: counter

0 komentar:

Posting Komentar