Senin, 08 Mei 2017

Gerakan Peninggi Badan Peregangan dan Yoga

Menyambung artikel sebelumnya yang membahas "Isi dari Ebook Peninggi Badan", yang menjelaskan bahwa cara meninggikan badan adalah dengan mempertebal Tulang Cakram.

Untuk itu saja jelaskan kembali singkatnya, kalau kita berbicara mengenai pertumbuhan tinggi badan, kita semua tahu bahwa tulang terhenti pertumbuhannya pada usia 18 - 20 tahun (Bervareasi pada setiap orang).

Peninggi Badan
Tulang inilah yang menopang tiap ruas tulang punggung yang jumlahnya 33, yaitu 7 diantarnya pada tulang leher, 12 buah pada tulang punggung, 5 buah pada tulang pinggan, 5 buah pada tulang kelangkang, dan 4 buah pada tulang ekor.

Dikarenakan tektur tulang yang sedikit lunak dan elastis dari tulang biasanya yang berfungsi sebagai peredam kejut dalam aktivitas sehari-hari, maka program ini bertujuan menstimulasi tulang hingga menjadi panjang dan elastis dan statis, sehingga membentuk tulang punggung yang lebih panjang dan menghasilkan pertumbuhan tinggi badan.

Kamu dapat membayangkan dari 12 ruas tulang punggung kita yang mana tiap ruas terdapat tulang rawan ketebalan paling sedikit seperempat inch, dan kita tambah ketebalannya masing-masing seperempat inch lagi. Kamu kalikan saja 0,25 inch dikali 12. Maka akan bertambah tinggi 3 inch atau kira-kira 8 cm. Tapi perlu diketahui bahwa penambahan ketebalan cakram tersebut bisa lebih tebal dari 0,25 inch, dan itu berarti berpotensi untuk lebih tinggi dari 8 cm.

Panduan Gerakan Untuk Penebalan Tulang Cakram.

Ada empat langkah dan latihan guna mempertebal tulang cakram tersebut, yang membutuhkan konsisten dan komitmen untuk mencurahkan tenaga dan waktu kamu untuk mencapai tujuan, yakni menambah tinggi badan atau postur tubuh kamu. 

Seperti Beikut ini.
  1. Stretching (Peregangan).
  2. Postural Exsercise (Latihan Postur).
  3. Kicking (Menendang)
  4. Hanging (Bergantung).
Untuk pembahasan Stretching, Kicking, dan Hanging sudah dibahas di artikel sebelumnya "Isi Eboox Peninggi Badan", jadi untuk mempersingkat, disini saya hanya akan membasah secara detail yang No. 2 saja, yaitu Postural Exsercise (Latihan Postur). 

Langsung saja, berikut penjelasan Postural Exsercise tersbut.

Postural Exsercise

Dalam kata umum hal ini dapat disebut Yoga. Bagi orang-orang yang terbiasa dengan yoga, pada awalanya meraka akan kesulitan dan ketidanyamanan dalam melakukan setiap gerakan, tetapi jika ini sudah menjadi rutinitas sehari-hari, maka aktivitas ini akan menjadi kebutuhan, karena dengan yoga kamu bisa mengolah hidup, mental, dan spiritual.

Dalam hal ini bertujuan untuk menstimulasi cairan tulang belakang kamu agar massa tulang cakram bertambah, dan sekaligus mengurangi depresi, stress, pencerahan fikiran yang berpotensi membantu pertumbuhan tinggi badan. 

Catatan. 
  • Ketika kamu mengambil napas dianjurkan menghirup dari hidung, dan ketika menghembuskan melalui mulut.
  • Tutup mata selam melakukan latihan ini agar kamu dapat lebih rileks dan fokus.
  • Setelah melakukan gerakan-gerakan ini berbaringlah dan rasakan kebugaran dan mental.
  • Lakukan gerakan-gerakan ini pada saat 3 jam sebelum atau sesudah makan.
Waktu yang baik untuk melakukan gerakan ini adalah pagi hari setelah bangun tidur, disebabkan pada saat cakram tulang punggung kamu sedang mengalami pemuaian.

Berikut Gerakan Peregangan atau Yoga untuk mempertebal Tulang Cakram.

Yoga 
1. Posisi 1 - Rotating Pelvis.

Duduk bersila, letakan tangan diatas lutut, putarkan secara rotasi perut kamu. Dan tetaplah dalam kondisi rileks, lakulan berulang-ulang putarannya sampai 25 putaran.

Tujuan gerakan ini adalah membuka energi pada tulang belakang dan memberikan energi pada organ dalam tubuh kamu. 



Yoga
2. Posisi 2 - Spinal Flexibility.

Masih dalam posisi duduk bersila, pegang pergelangan kaki kamu, ambil napas kuat-kuat dengan punggung tegap, lalu hembuskan. Saat mengambil napas rasakan seolah-olah energy menuju ke tulang belakang, dan pada saat menghembuskan rasakan seolah-olah energy itu keluar dari tubuh kamu.

Tujuan gerakan ini adalah menstimulasi dan meregangkan tulang cakram pada punggung kamu di bagian bawah.

Yoga3. Posisi 3 - Spinal Flek On Heels.

Duduk di atas tumit kamu, letakan tangan kamu diatas paha. Lakukan pengolahan napas seperti posisi 2, lakukan 15 kali.

Tujuan gerakan ini adalah menstimulasi dan meregangkan tulang cakram pada punggung kamu bagian tengah.

4. Posisi 4 - Spinal Twist.

Masih dalam posisi duduk diatas tumit, letakan kedua tangan diatas pundak, dengan ibu jari di belakang dan jari lainnya didepan. Tarik napas dalam-dalam, putarkan tubuh dari kepala kamu kekiri, lalu hembuskan napas, dan sebaliknya narik napas dalam-dalam, putarkan tubuh dan kepala kamu ke kanan, lalu hembuskan napas. Selama gerakan memutar fokuskan fikiran kamu pada tulang belakang, dan rasakan rotasinya. Ulangi gerakan tersebut 20 kali. 

tujuan gerakan ini adalah menstimulasi dan meregangkan tulang cakram pada punggung bagian atas.

5. Posis 5 - Elbow Bends.

Kembali pada posisi bersila, letakan telapak tangan dibelakang leher dengan posisi terkunci.
Lengkungkan tubuh kamu ke kiri sambil mengambil napas, dan hembuskan ketika melengkungkan ke kanan, lakukan sebanyak 20 kali ketika melengkungkan tubuh kamu, usahkan siku kamu pada posisi serendah mungkin. 

Tujuan gerakan ini adalah untuk menstimulasi organ vital dalam tubuh seperti hati, pankreas, lambung dan usus, juga meningkatkan kelenturan tulang belakang.

6. Posisi 6 - Shoulder Shrug.

Masih dalam posisi bersila, angkat kedua belahan bahu stinggi mungkin, sambil mengambil napas, lalu turunkan bahu sambil menghembuskan napas, ulangi sampai 20 kali. Akhiri gerakan tersebur dengan mengambil napas, tahan dalam hitungan ketiga, lalu hembuskan.

Tujuan gerekan ini adalah merileksasikan strees pada bahu dan punggung baian atas.

7. Posisi 7 - Neck Rools.

Masih duduk dalam posisi bersila, putar kepala kekanan 360 derajat selama kurang lebih 30 detik, lalu putar kekiri. Ketika memutar lemaskan leher kamu. 

Tujuan gerakan ini adalah untuk merilekkan stress padaoto leher dan menstimulasi kelenjar Tiroid.

8. Posisi 8 - Snaking.

Yoga
Tengkurap diatas kasur dengan telapak tangan menopang tubuh (seperti gambar).
Ambil napas dalam-dalam, lalu perlahan naikan punggung kamu, lalu disusul dengan kepala kamu, angkat kepala kamu sampai posisi setinggi mungkin sambil menahan napas kamu, lalu hembuskan. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 kali.  

Tujuan gerakan ini adalah menguatkan punggun dibagian bawah. 

9. Posisi 9 - Rolling Spine.

Yoga
Berbaring diatas punggung kamu dengan menggunkan matran atau apa saja yang empuk. 
Tekuk kedua kaki kamu dengan bantuan tangan, dan arahkan lutut ke dagu, lalu bergoyang dengan lekukan tulang punggung kamu agar terjadi tekanan memijat dari punggu bagian atas hingga bawah.
Lakukan gerakan ini kira-kira 2 menit.

Tujuan gerakan ini adalah untuk mengalirkan energy ke arah tulang belakang.

10. Posisi 10 - Head Up and Down.

Yoga

Tengkurap dengan posisi merangkak, tarik napas sambil kepala menunduk dan merendahkan punggung kamu dengan posisi tangan tegak lurus, lalu hembuskan napas sambil kepala merunduk ke atas dan menaikan punggung kamu ke atas. Lakukan gerakan tersbut sebanyak 20 kali, setelah selesai duduklah dengan rileks di atas tumit.

Tujuan gerakan ini adalah untuk menstimulasi kelenturan tulang belakang.

11. Posisi 11 - Split Stretch.

Yoga
Dudulah diatas lantai dengan kaki terbuka lebar, pegang kaki pada posisi dimana tangan dan kaki kamu tetap lurus, tarik napas dalam-dalam, turunkan kepala kamu serendah-rendahnya kesebelah kri sambil menghembuskan napas dengan posisi punggung lurus, tarik napas dalam-dalam, turunkan kepala kamu serendah-rendahnya kesebalh kanan sambil menghembuskan napas. 
Lakukan gerakan ini selama berulang-ulang sebanyak 20 kali dan akhri dengan menyatukan kedua kaki sambil memijatnya. 

12. Posisi 12 - Nerve Stretch.

Yoga
Duduklah dengan telapak kaki kanan ke paha kiri, pelan-pelan tekuklah kaki kiri untuk kamu memegang jari kaki atau bagian mana saja yang nyaman menurut kamu, lalu pelan-pelan kaki kiri hingga rata ke lantai, tarik napas dalam-dalam, tahan sejenak, lalu hembuskan. Ulangi sebanyak 5 kali dan ulangi dengan menukar kaki dan akhiri dengan menyatukan kaki dan memijat. 

Tujuan gerakan ini adalah untuk merileksasikan otot kaki dan punggung bagian bawah.

13. Posisi 13 - Lift up.

Yoga
Berbaringlah diatas punggung kamu, ambil napas dalam-dalam dan hembuskan. Lalu tekuklah lutut, pegang kedua kaki dengan kedua tangan, lalu angkat perlahan-lahan angkat tubuh kamu sambil mengambil napas pelan-pelan dengan posisi dada membusung. Kemudia pelan-pelan turunkan tubuh kamu sambil menghembuskan napas, ulangi gerakan tersebut sebanyak 10 kali. 

Tujuan gerakan ini adalah untuk mengendurkan strees pada bagian perut, dan setelah selesai berbaringlah kamu dan nikmati energy kebugaran yang kamu rasakan.

***
Dengan melakukan gerakan-gerakan diatas setiap hari dan rutin, dijamin ukuran tubuh kamu akan bertambah. Disebabkan pertambahan ketebalan intervertebral disos pada tulang punggung kamu. Disamping iru tubuh akan lebih bugar dan sehat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gerakan Peninggi Badan Peregangan dan Yoga

Post views: counter

0 komentar:

Posting Komentar