Minggu, 14 Mei 2017

Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Mencegah osteoporosis
Pencegahan atau mencegah untuk menghindari kerusakan pada tulang yang disebut dengan ostoporosis adalah investasi yang sangah berharga bagi kehidupan kamu, jangan sampai kamu mengalami atau mengidap osteoporosis. Agar tehindar dari pengeroposan tulang ada baiknya untuk sesegera mungkin memperbaiki kualitas hidup kamu dan menghentikan kebiasaan buruk yang bisa merusak tulang-tulang kamu.

Berikut ini ada beberapa aktivitas yang bisa mencegah osteoporosis sejak dini.

Cara Mencegah osteoporosis.

Sesudah kita mengetahui apa itu osteoporosis, gejala dan penyebab terjadinya osteoporosis kali ini kita akan membahas bagaimna cara mencegah osteoporosis, berikut ini adalah cara untuk mencegahnya.

Olahraga.

Penderita Osteoporosis sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kesehatan tulang sebelum melakukan olahraga untuk memastikan apakah aktivitas tersebut tepat untuk dilakukan setiap minggunya, orang dewasa harus melakukan setidaknya sekitar 2 - 3 jam sehari untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang sedang dan tidak terlalu diporsir, seperti bersepedah atau jalan cepat. Peregangan otot hendaknya dilakukan paling tidak 2-3 hari dalam seminggu, termasuk pada bahu, pinggang, lenggan, tungkai punggung, perut, dada, dan kaki.

Melatih kaki dan Lutut.

Latihan menggukan beban dalam berat yang tidak berlebihan sangat penting untuk meningkatkan kepadatan tulang dan membantu mencegah osteoporosis. Aktivitas menyangga beban adalah olahraga yang melatih kaki dan lutut kamu untuk menopang massa tubuh. Olahraga seperti, menari, dan aerobik bermanfaat menguatkan otot, ligamen, dan sendi. Orang yang berusia diatas 60 tahun juga dapat memperkuat tulang meraka dengan olahraga seperti jalan cepat atau bermain badminton berdurasi pendek. Saat olahraga, gunakan sepatu yang mampu meminimalkan resiko cedera pada pergelangan kaki.

Latihan Kekautan Tulang.

Latihan ketahanan diantaranya gerakan-gerakan seperti push-up, angkat berat, atau latihan angkat beban menggunkan peralatan dipusat kebugatan atau gym. Tarikan atau gerakan yang dilakukan otot tendon terhadap tulang dapat menigkatkan kekuatan tulang. Tanyakan cara penggunaan alat-alat tersebut kepada instruktur untuk menghindari cedera.

Pola Makan Sehat.

Jika gaya hidup atau pola makan membuat kamu kekurangan vitamin D, kamu dianjukan untuk mengkonsumsi suplement vitamin D. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium yang diperlukan untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D dapat ditemukan dalam kuning telur, susu kedelai dan hati sapi.

Konsumsi Vitamin D.

Kalsium juga penting untuk menjaga kekuatan tulang. Kadar konsumsi mineral kalsium yang direkomendasikan setipa harinya adalah sekitar 1000 mg. Kalsium juga dapat ditemukan pada beberapa makanan, seperti tahu, tempe, kacang merah, ikan sarden dll.

Menjaga pola makan yang seimbang dapat menjauhkan kamu dari berbagai penyakit, tidak hanya dari resiko osteoporosis, namun juga akan terhindar dari penyakit jantung, diabetes, hingga jenis kanker.

Minum Suplement Kesehatan.

Meminum suplement kesehatan yang berbahan alami, sangat berguna bagi kamu yang ingin mencegah osteporosis sejak dini. Seperti halnya kalsium yang dibuthukan oleh tubuh, suplement juga mengandung banyak mutivtamin, mineral dan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebuthuan untuk tubuh kamu.

Sinar Matahari pagi.

Paparan sinar matahari pagi yang cukup dapat memabantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. usahakan agar kulit terkena sinar matahari selama paling tidak 10 menit sebelum menggunkan tabir surya, Lakukan ini dipagi hari sebelum jam 9.Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium didalam tubuh. Proses tersebut membantu memperkuat gigi dan tulang yang pada akhirnya dapat mencegah osteoporosis.

Stop Kebiasaan Buruk.

Berhenti Merokok dan membatasi mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat melindungi kamu dari datangnnya osteoporosis. Rekomendasi maksimal mengkonsumsi alkohol untuk wanita adalah 2 kaleng bir, sedangkan pria sebanyak 2,5 kaleng bir dengan kadar alkohol 4,7 persen, tetapi alangkah baiknya bila mengkonsumsi alkohol itu berhenti, tidak hanya merokok saja yang berhenti. 

***

Jika beberapa tips diatas dilakukan oleh yang berusia masih remaja atau dewasa, tidak hanya akan mencegah osteoporosis saja, tetapi kamu yang melakukan tips diatas secara rutin dan teratur dapat keuntungan lainnya seperti, kebugaran tubuh, tinggi badan yang maksimal dan kekautan otot dan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan sejak masa remaja atau dewasa agar terhindar dari osteoporosis di usia lanjut.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mencegah Osteoporosis Sejak Dini

Post views: counter

0 komentar:

Posting Komentar